Festival Anggrek Vanda Tricolor Ke-6 Kembali Hadir untuk Pelestarian dan Pariwisata Yogyakarta

0
118
Kadiskop UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi saat menerima Anggrek Vanda Tricolor karya Hervia Latuconsina di acara Festival Anggrek Vanda Tricolor ke-6 di Sleman - (Foto : Rahmad Soemardi)

KABAREWISATA.COM – Festival Anggrek Vanda Tricolor (FAVT) Ke – 6 kembali hadir menyambut pecinta anggrek dan pariwisata Sleman. Event tahunan yang dirintis oleh Hj. Sri Suprih Lestari (Eyang Titi) ini digelar di Kebun Anggrek Titi Orchid, Jl. Boyong, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, dan berlangsung mulai tanggal 20 hingga 24 September 2023.

Anggrek Vanda tiga warna (Anggrek Vanda tricolor Lindley var. suavis) menjadi ikon Kabupaten Sleman dan ditemukan di lereng Gunung Merapi. Keberadaannya semakin terancam akibat overgathering, kerusakan habitat akibat letusan, dan aktivitas penebangan liar. Oleh karena itu, FAVT bukan sekadar festival biasa, tetapi juga sebuah upaya nyata untuk melestarikan spesies ini.

“Festival Anggrek Vanda Tricolor ini memang selalu kita adakan di bulan September karena pada bulan ini angrek Tricolor banyak yang berbunga. Ada sekitar 128 kontestan yang ikut Festival ini dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY,” kata Eyang Titi usai acara seminar Gelar Potensi Budaya Wirausaha Vanda Tricolor, Jum’at (22/09/2023).

“Kami ingin masyarakat mengenal dan peduli terhadap kekayaan anggrek di lereng Merapi. Namun tidak hanya itu, kami juga ingin membangun potensi ekonomi melalui konservasi dan pengembangan Anggrek Vanda tricolor,” tambahnya.

Ketua Panitia FAVT 6 tahun 2023, Dra. Endah Sri Widiastuti, MPA, menambahkan bahwa festival ini juga menjadi perayaan Hari Pariwisata Kabupaten Sleman. Mereka berharap festival ini dapat menjadi bagian tetap dalam Kalender Pariwisata Kabupaten Sleman.

FAVT 6 tahun 2023 adalah hasil kolaborasi berbagai pihak, termasuk Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan di Kabupaten Sleman, serta Dinas Koperasi dan UKM DIY, BUMD, perusahaan swasta, dan berbagai individu yang peduli terhadap pelestarian dan pengembangan Anggrek Vanda tricolor serta dukungan Dana Keistimewaan Yogyakarta.

Berbagai kegiatan menarik diadakan selama FAVT 6 tahun 2023, seperti kontes anggrek, seminar pengembangan anggrek, seminar budaya wirausaha melalui anggrek, dan masih banyak lagi. Semua kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum dan sebagian besar dapat diikuti secara gratis.

Salah satu sorotan utama adalah Seminar Gelar Potensi Budaya Wirausaha Vanda Tricolor yang dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Ir. Srie Nurkyatsiwi, M.MA., Sri Suprih Lestari owner Titi Orchid, Ketua Perkumpulan Pelestari Tanaman Hoya Indonesia, Hervia Latuconsina dan Dr. Ixora Mercuriani, M.Si Dosen Fakultas MIPA Departemen Biologi UNY sebagai narasumber.

“Fasilitas yang diberikan oleh pemerintah menurut kami dari regulasi, afirmasi dan partisipasi masyarakat ini luar biasa hanya kita masih punya pr bagaimana penyumbang ratio kewirausahaan di DIY sebetulnya sudah melebihi nasional tapi target penumbuhan wiausahanya yang masih kurang di DIY,” papar Siwi, Kadis Koperasi dan UKM DIY dihadapan peserta seminar kewirausahaan.

“Dalam rangka penumbuhan wirausaha di DIY silahkan bagi anak – anak muda kalau sendiri – sendiri memang beda harus bergabung dengan komunitas dan bisa minta pendampingan kepada kami tapi jangan lupa identifikasi, rencanakan dan tentukan target terhadap capaikan kita mau apa, “ jelasnya.

Di ajang FAVT 6 tahun 2023 kali ini juga digelar bazar tanaman anggrek dan perlengkapannya, bazar UMKM yang menawarkan produk kuliner, kerajinan, batik, dan rajutan. Festival ini merupakan kesempatan luar biasa untuk menikmati keindahan alam dan budaya lokal sambil berkontribusi pada pelestarian alam. (soe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here