Kayen, Kampung Bebas Narkoba

0
108

KABAREWISATA.COM – Wadirresnarkoba Polda DIY, AKBP Muharomah Fajarini, mengapresiasi Satgas P4GN yang telah melaksanakan kegiatan pencegahan narkoba. Selain itu juga memberikan usulan agar dapat dilaksanakan pelatihan assessment untuk Satgas P4GN.

“Lomba kampung bebas narkoba ini merupakan salah satu upaya dari kepolisian untuk menekan dan memberantas peredaran narkoba,” ucapnya.

Satgas Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) Padukuhan Kayen, Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, belum lama ini di Joglo 45 Kayen menerima Tim Penilai Lomba Kampung Tangguh Bebas Narkoba dari Direktorat Reserse Narkoba Polda DIY.

Hadir AKBP Muharomah Fajarini, S.H., S.I.K. (Wadir Resnarkoba Polda DIY), Purhadi, S.Kom., M.M. (Kabminopsnal Direktorat Narkoba Polda DIY), Eko Gatot Purwanto (Paurminopsnal Direktorat Narkoba Polda DIY), Bripda Rahmad Taufik Rio (Bamin Subdit 2 Direktorat Narkoba Polda DIY), Bripda Megantoro Febian Putra (Bamin Subdit 1 Direktorat Narkoba Polda DIY), Kamituwa Condongcatur Al Thoufik Sofisalam, A.Md dan Dukuh Kayen Purwanto.

Ketua P4GN Kayen Condongcatur, Ninik Setyorini, menjelaskan program kerja P4GN sebagai Kampung Tangguh Bebas Narkoba dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan. Juga SOP dan tindakan atau layanan yang sudah dilaksanakan oleh Satgas P4GN.

Program kerja Satgas P4GN di antaranya plangisasi, penguatan karakter (bimtek) anggota, kunjungan ke Panti Rehabilatasi Narkoba, sosialisasi dan penyuluhan tentang bahaya narkoba. “Dan semua program kerja yang kita rancang akan dievaluasi di akhir tahun,” kata Ninik Setyorini.

Kabminopsnal Direktorat Narkoba Polda DIY, Purhadi, berharap agar Satgas P4GN meng-upload semua kegiatan di medsos. “Supaya lebih dikenal banyak orang dan menjadikan contoh bagi satgas P4GN dan pegiat antinarkoba lainnya,” jelas Purhadi.

Kamituwa Condongcatur, Al Thouvik Sofisalam, A.Md., menyampaikan, untuk pilot project pencegahan narkoba di wilayah Condongcatur — melalui Satgas P4GN yang berada di Padukuhan Kayen — Pemerintah Kalurahan Condongcatur mensupport penuh dengan anggaran kegiatan Satgas P4GN.

Satgas P4GN Kayen Condongcatur dalam menjalankan fungsi dan perannya selama ini mendapatkan binaan dari BNN Kabupaten Sleman. “Di mana peran satuan tugas ini adalah untuk memerangi dan mencegah penyalahgunaan narkoba,” kata Kamituwa Condongcatur Al Thouvik Sofisalam, A.Md.

Kata Al Thouvik Sofisalam, mereka bertugas untuk melakukan tindakan pencegahan. Penindakan dan rehabilitasi terkait masalah narkoba dilakukan oleh pihak Polri bersama BNN. Sedangkan Satgas P4GN melakukan kampanye edukasi dan sosialisasi tentang bahaya narkoba.

“Terutama kepada masyarakat dan generasi muda sebagai bentuk pencegahan dan penyuluhan serta konseling untuk membantu individu dan komunitas dalam mengatasi masalah penyalahgunaan narkoba,” ungkap Al Thouvik Sofisalam.

Satgas P4GN memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dari bahaya narkoba. Namun dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat juga sangat penting dalam upaya pencegahan dan penanggulangan narkoba. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here