Jogja Carnival Satukan Transaksi Dan Atraksi Pariwisata dalam Satu Aplikasi Digital

0
83
Plt. Asisten Bidang Pemberdayaan SDM Setda DIY, Aris Eko Nugroho di Acara Grand Launching Aplikasi Jogja Carnival, Minggu (6/8/2023) - (Foto : Rahmad Soemardi)

KABAREWISATA.COM – Inovasi terbaru di sektor pariwisata kini hadir dan mewarnai panorama pariwisata Yogyakarta. Melalui Jogja Carnival , sebuah aplikasi digital berevolusi yang memadukan transaksi dan atraksi pariwisata dalam satu platform, para wisatawan kini dapat merasakan kemudahan dan kenyamanan tanpa batas saat menjelajahi kota budaya ini.

Dalam upaya menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan, Jogja Carnival hadir sebagai solusi inovatif yang mengintegrasikan transaksi dan atraksi dalam satu wadah digital. Wisatawan tidak hanya dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih terstruktur, tetapi juga dapat merasakan kepraktisan dalam melakukan berbagai transaksi diskon merchant dalam satu genggaman.

Kehadiran aplikasi Jogja Carnival ditandai dengan acara Grand Launching yang dilakukan oleh Kadin DIY Pariwisata, Yayasan Jogja Carnival Istimewa, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, dan Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) DIY di halaman Museum Serangan Umum Satu Maret yang berlokasi di titik NOL, jantung kota Yogyakarta pada Minggu (06/08/2023).

Tampak hadir membuka acara tersebut Plt. Asisten Bidang Pemberdayaan SDM Setda DIY Aris Eko Nugroho didampingi oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan DIY Syam Arjayanti, Ketua Badan Promosi Pariwisata (BPPS) DIY Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara dan Ketua Pelaksana Jogja Carnival Arif Effendi yang juga WKU Kadin DIY Pariwisata.

WKU Kadin DIY Bidang Organisasi Robby Kusumaharta, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono, Edwin dari Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) DIY serta tokoh pariwisata DIY Tazbir Abdullah turut serta meramaikannya.

Menurut Arif Effendi, Ketua Pelaksana Jogja Carnival yang juga WKU Kadin DIY Pariwisata, wisatawan dan masyarakat dapat mengunduh secara gratis di Google Play Store dengan menggunakan HP berbasis android, untuk HP iOS dalam proses pengerjaan.

“Pengunduh dapat mengambil e-voucher discount dari merchant yang terdaftar pada aplikasi ini. Besarnya discount yang diberikan sangat bervariasi diserahkan pada masing-masing merchant contohnya seperi diskon transportasi pesawat terbang, kereta api, angkutan darat, hotel, restoran, berbagai merchant dan juga produk – produk UKM DIY,” ungkap Arif.

“Dengan Jogja Carnival , Yogyakarta semakin memperkuat posisinya sebagai destinasi wisata modern yang mampu menghadirkan harmoni antara tradisi dan teknologi. Wisatawan tak hanya akan disuguhkan dengan keindahan alam dan budaya khas, tetapi juga pengalaman berlibur yang terintegrasi dan nyaman melalui sentuhan digital,” imbuhnya.

Sementara itu ditemui terpisah usai acara Plt. Asisten Bidang Pemberdayaan SDM Setda DIY Aris Eko Nugroho menyampaikan bahwa Aplikasi Jogja Carnival diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi destinasi – destinasi wisata dalam meningkatkan layanan dan daya tarik pariwisata Yogyakarta.

“Aplikasi ini harapannya bisa menjadi sarana bagi orang luar Jogja untuk semakin mengenal Jogja. Harapan kami aplikasi yang ada ini diisi aktifitas – aktifitas yang ada di Jogja karena kita punya ribuan event yang diselenggarakan setiap tahunnya dan kita berharap betul aplikasi ini mendukung adanya destinasi – destinasi wisata di Yogyakarta,” kata Aris.

“Cuma yang belum berhasil sampai saat ini adalah merangkai jadi satu kesatuan menjadi bagian cerita setiap orang yang datang ke Jogja itu bisa tahu waktunya kapan datang ke Jogja, mau melihat apa itu bisa dari awal diketahui,” tutupnya. (soe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here