Masyarakat Bisa Cek Secara Mandiri

0
25

KABAREWISATA.COM – Sesuai jadwal dan tahapan Pemilu berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Daftar Pemilih serta Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 27 Tahun 2023 tentang Pedoman Teknis Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Negeri pada Penyelenggaraan Pemilihan Umum, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Condongcatur mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024.

DPS diumumkan selama 14 hari pada 12-25 April 2023 dengan ditempelkan di papan informasi Balai Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman.

Dijelaskan Wuri Handayani, Ketua PPS Condongcatur, masyarakat dapat menyampaikan masukan dan tanggapan terhadap DPS pada 12 April 2023 hingga 2 Mei 2023.

Masyarakat bisa cek secara mandiri terlebih dahulu, apakah sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih melalui https://cekdptonline.kpu.go.id.

Dikatakan Wuri, warga masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih atau sudah terdaftar tapi ada perubahan elemen data, bisa menghubungi PPS Condongcatur melalui HP atau WA (WhatsApp) 081382444299. Atau, bisa datang langsung ke Sekretariat PPS Condongcatur.

Kata Wuri, jumlah DPS Condongcatur sebanyak 32.769 jiwa yang terbagi dalam 133 TPS dan tersebar di 18 padukuhan, 64 dan 211 RT. “Ini merupakan jumlah terbanyak kedua se-DIY,” kata Wuri, Selasa (18/4/2023).

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU DIY, Ahmad Shidqi, S.Th.I, M.Hum, yang melakukan monitoring secara langsung mengapresiasi PPS Condongcatur.

“Karena telah melaksanakan tugas dengan baik sesuai jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan,” kata Shidqi.

Di wilayah Kapanewon Depok — utamanya Caturtunggal, Condongcatur dan Maguwoharjo — jumlah TPS-nya banyak mendapat perhatian khusus.

Di samping ada TPS Reguler, di wilayah kerja PPS Condongcatur ada 3 TPS Khusus dalam DPS yang telah diumumkan dan ditempel di kampus-kampus di wilayah kerja PPS Condongcatur. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here