Mahasiswa PBI UAD Mempunyai Kompetensi sebagai Translator dan Interpreter

0
23

KABAREWISATA.COM – Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta merintis kerjasama strategis dengan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia).

Untuk menuju adanya komitmen antarkedua belah pihak, kerjasama diawali dengan penandatanganan MoU pada 19 Februari 2023 lalu di Aula Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan. Pihak UAD diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik Rusydi Umar, MT, Ph.D dan pihak HPI adalah Indra Listyo, M.Hum (Ketua Pusat HPI).

Mewakili Rektor UAD, Rusydi Umar mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan PBI UAD ini. “Saya berharap semoga mahasiswa PBI mempunyai kompetensi sebagai translator dan interpreter,” kata Rusydi Umar.

Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, Sucipto, M.Pd.BI, Ph.D, menyampaikan, kerjasama ini untuk mendorong mahasiswa agar dapat menjadi penerjemah profesional.

“Selain itu, mahasiswa merasa tertantang untuk memperbanyak portofolio dalam bidang penerjemahan dan kemudian siap mengikuti tes sertifikasi Nasional sehingga memiliki kemampuan menerjemahkan yang tersertifikasi,” ungkap Sucipto, Selasa (21/2/2023).

Wakil Dekan FKIP, Dr Ani Susanti S.Pd, M.Pd.BI, sangat mendukung adanya kerjasama antara UAD dengan HPI. “Kebutuhan penerjemah di Indonesia cukup tinggi sehingga dapat membuka peluang kerja bagi mahasiswa dan juga alumni PBI UAD,” kata Ani Susanti.

Menurut Ani, pekerjaan penerjemah merupakan salah satu pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Disampaikan Ketua Pusat Himpunan Penerjemah Indonesia, Indra Listyo, M.Hum, jenjang perguruan tinggi mempunyai peran strategis untuk memulai membangun calon-calon penerjemah yang handal.

“Ke depan HPI siap bersinergi dengan PBI UAD untuk menindaklanjuti dengan berbagai kegiatan,” kata Indra Listyo.

Di antaranya berupa pelatihan yang disampaikan praktisi dari HPI bagi mahasiswa dan dosen. Selain juga ada agenda lain yang menunjang perkuliahan matakuliah translation.

Kerjasama ini menjadi langkah awal yang baik bagi UAD maupun HPI, yang diharapkan dapat memberikan peluang-peluang bagi mahasiswa untuk meraih impiannya. Terutama yang berminat menjadi penerjemah.

Ini adalah bukti kesungguhan PBI UAD untuk memfasilitasi mahasiswa, khususnya yang berminat di bidang translation. Dan ini salah satu kelebihan serta kekhasan dari PBI UAD.

Mahasiswa bukan hanya dilatih dan dididik untuk siap menjadi pendidik dalam bidang bahasa Inggris, namun juga dibekali dengan berbagai kompetensi, di antaranya dalam penerjemahan yang akan sangat bermanfaat saat mahasiswa masih kuliah maupun setelah lulus nantinya. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here