HMPS Bahasa dan Sastra Arab UAD Gelar Arabic World Festival

0
17

KABAREWISATA.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta kembali menggelar Arabic World Festival (Awfest).

Acara dibuka dengan pemukulan gong oleh Wakil Dekan I Fakultas Agama Islam (FAI) didampingi Wakil Dekan II, Ketua Program Studi (Kaprodi) BSA UAD dan Gandi Muhammad selaku Diplomat Ahli Madya Koordinator Tim Kajian Wilayah Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI.

Tahun 2023 ini menjadi tahun kelima penyelenggaraan dan berlangsung di Kampus Utama UAD, Jl Jenderal Ahmad Yani, Ringroad Selatan, Kragilan, Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, pada 7-8 Januari 2023.

Perlombaan dilakukan secara luring dan daring. Adapun lomba yang diadakan secara luring adalah debat bahasa Arab, kaligrafi dan ghina Arabi. Sedangkan lomba yang daring adalah baca berita Arab dan pidato bahasa Arab.

Awfest merupakan ajang perlombaan tingkat nasional untuk kategori mahasiswa dan umum. Tema yang diangkat pada tahun ini adalah “Cendekiawan Gemilang dalam Semarak Budaya dan Bahasa Arab Berkemajuan”.

Bela Herpera selaku ketua panitia menyampaikan, Awfest tahun ini diikuti 151 orang peserta utusan dari 29 universitas dan 17 SMA atau pondok pesantren (Ponpes).

Sementara itu disampaikan Dr Arif Rahman, S.Pd.I, M.Pd.I, Wakil Dekan I FAI, Awfest bukan sekadar lomba saja. “Tapi sebuah ajang untuk mengenalkan bahasa Arab kepada masyarakat umum, khususnya para mahasiswa, siswa, dan para santri,” kata Arif Rahman.

“Diharapkan, Awfest ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun dan ada dampak baik untuk ke depannya,” tambah Wakil Dekan II FAI Dr Yoyo, SS, MA, yang berharap jangan berhenti untuk belajar bahasa Arab. (*/Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here