Festival Anak Shaleh Indonesia 1 Kalurahan Condongcatur Depok Sleman

0
94

KABAREWISATA.COM – Festival Anak Saleh Indonesia  (FASI) #1 Kalurahan Condongcatur, Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman — rangkaian peringatan Hari Jadi ke-76 Kalurahan Condongcatur — diadakan di Komplek Kantor Kalurahan Condongcatur, Minggu (27/11/2022).

Sebelumnya, dilakukan pelantikan dan pengambil sumpah dewan juri lomba FASI. Juri yang dilantik sebanyak 12 orang sesuai dengan keahlian masing-masing.

Dikatakan Suyitno selaku panitia penanggungjawab kegiatan, Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) ini berupa pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri Taman Kanak-kanak Al-Qur’an maupun Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Bertujuan untuk memperkokoh silaturahim dan komunikasi para santri, guru, pengelola dan pengurus TKA-TPA se-Condongcatur. “Sekaligus mempersiapkan santri untuk ikut FASI tingkat Kapanewon Depok,” kata Suyitno.

Di samping itu, kegiatan yang didukung Klinik Pratama Delima dan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Al Ikhwan ini, mengakomodasi seluruh komponen masyarakat yang mencintai Al- Qur’an. Juga pemerhati dan penyayang anak-anak di wilayah Kalurahan Condongcatur.

“Melalui kegiatan itu bisa mengevaluasi kualitas santri di Kalurahan Condongcatur untuk selanjutnya menjadi umpan balik perbaikan kurikulum, termasuk proses pembelajaran,” ungkap Suyitno.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 331 anak dari 41 TPA yang ada di Kalurahan Condongcatur. Mereka mengikuti 6 cabang lomba: tartil (putra dan putri), hafalan surat pendek (putra dan putri), praktik salat (putra dan putri), lomba adzan dan iqomah, mewarnai dan gerak lagu Islami.

Kamituwa Condongcatur, Al Thauvik Sofissalam, A.Md, berharap agar kegiatan FASI #1 ini sebagai sarana untuk membangun kerjasama. “Dalam rangka menjadikan anak-anak yang berakhlak mulia,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Kamituwa Condongcatur, Al Thauvik Sofissalam, A.Md, serahkan sertifikat penghargaan kepada 41 Direktur TPA peserta lomba.

Penutupan dilakukan Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, SIP, MIP, sekaligus memberikan piala juara umum kepada TPQ 10 Tilawah Al Akbar sebagai peserta FASI #1 dengan nilai tertinggi.

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama dipimpin Suyono selaku Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Ranting Condongcatur, Depok, Sleman.

Tindak lanjut dalam Kegiatan FASI #1 ini akan dibentuk Forum Silaturahmi TPA se-Kalurahan Condongcatur untuk menyiapkan genarasi qur’ani. (Fan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here